Untuk membaca masukan dari keyboard secara umum dengan menggunakan dua cara yaitu menggunakan kelas BufferedReader dan melalui GUI (Graphical User Interface) dengan menggunakan kelas JOptionPane.
1. Contoh program yang menggunakan BufferedReader
import java.io.*;
/* Contoh menggunakan class BufferedReader */
public class InputFromKeyboard
{
public static void main( String[] args ){
try {
String nDepan;
String nBelakang;
BufferedReader in = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
System.out.print("Masukan Nama Depan:");
nDepan = in.readLine();
System.out.print("Masukan Nama Belakang:");
nBelakang = in.readLine();
System.out.println();
System.out.println(" Selamat Datang " +nDepan+" "+nBelakang);
} catch( Exception e ){
System.out.println(e);
} } }
/* Contoh menggunakan class BufferedReader */
public class InputFromKeyboard
{
public static void main( String[] args ){
try {
String nDepan;
String nBelakang;
BufferedReader in = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
System.out.print("Masukan Nama Depan:");
nDepan = in.readLine();
System.out.print("Masukan Nama Belakang:");
nBelakang = in.readLine();
System.out.println();
System.out.println(" Selamat Datang " +nDepan+" "+nBelakang);
} catch( Exception e ){
System.out.println(e);
} } }
Penjelasan :
// Untuk menggunakan Class BufferedReader kita harus mengimport class Java.io.
// Mendefinisikan sebuah objek, pada contoh diatas kita beri nama in, atau anda dapat mengganti dengan nama yang lainnya.
BufferedReader in = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
// Membuat sebuah variable untuk menampung inputan dari keyboard
String nDepan;
String nBelakang;
dimulai dari type data variable dan diikuti nama variable.
// Untuk menangkap inputan dengan perintah
readLine()
nDepan = in.readLine();
atau
String nBelakang = in.readLine();
// Selanjutnya adalah perintah untuk menangkap kesalahan program yaitu try..catch. Semua baris perintah yang akan dijalankan ditempatkan didalam try, apabila ada kesalahan maka program akan menjalankan baris perintah yang ada di dalam catch.
2. Contoh program yang menggunakan JOptionPane
import javax.swing.JOptionPane;
/* Contoh menggunakan class JOptionPane */
public class JInputFromKeyboard
{
public static void main( String[] args ){
String Fname = "";
String Lname = "";
Fname = JOptionPane.showInputDialog("Please enter your Fname");
Lname = JOptionPane.showInputDialog("Please enter your Lname");
String msg = "Hello " + Fname + Lname+"!";
JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);
}
}
/* Contoh menggunakan class JOptionPane */
public class JInputFromKeyboard
{
public static void main( String[] args ){
String Fname = "";
String Lname = "";
Fname = JOptionPane.showInputDialog("Please enter your Fname");
Lname = JOptionPane.showInputDialog("Please enter your Lname");
String msg = "Hello " + Fname + Lname+"!";
JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);
}
}
0 Komentar untuk "Contoh Program Java Inputan"