Tips Blog, Tips and Trik, Software, Belajar Program

Pengertian Dan Struktur Dasar Program Java

     Program komputer adalah kumpulan dari instruksi –instruksi yang memandu komputer untuk menjalankan tugas tertentu.Java merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yangmemiliki karakteristik simple, object-oriented, distributed, interpreted, aman, dan memiliki performance yang tinggi. Bahasa pemrograman Java merupakan compiler sekaligus interpreter, dimana sebagai compiler, program yang telah dibuat akan diubah menjadi java bytecodes dan kemudian sebagai interpreter java bytecodes tersebut dijalankan pada komputer.


Untuk membuat dan menjalankan java, kita membutuhkan antara lain :
- Text Editor
Kode program Java dapat dituliskan menggunakan text editor konvensional seperti : Notepad, Notepad++, Emacs, dan sebagainya atau menggunakan IDE (Integrated Development Environment) yang mendukung Java seperti NetBeans, Eclipse, JDeveloper, Jcreator, dan sebagainya.
- Java compiler
Compiler Java, yaitu javac mengkompilasi kode program Java menjadi apa yang disebut bytecode yang disimpan dalam file yang berekstensi .class.
- Java interpreter
Program Java dijalankan menggunakan interpreter yaitu Java Virtual Machine(JVM). Hal ini menyebabkan source code Java yang telah dikompilasi menjadi Java bytecodes dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda.
Java platform memiliki dua komponen yaitu Java Virtual Machine yang berfungsi sebagai jembatan antara bytecode dengan hardware dan Java Application Programming Interface (Java API) yang
merupakan komponen -komponen dan kelas java yang telah jadi dan memiliki kemampuan untuk
menangani objek, string, angka, dan sebagainya.

Share :

Facebook Twitter Google+
1 Komentar untuk "Pengertian Dan Struktur Dasar Program Java"
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus

Back To Top