Tips Blog, Tips and Trik, Software, Belajar Program

Cara Menyembunyikan File dengan Steganografi

Steganografi adalah seni dan ilmu menulis pesan tersembunyi atau menyembunyikan pesan dengan suatu cara sehingga selain pengirim dan penerima, tidak ada seorangpun yang mengetahui atau menyadari bahwa ada suatu pesan rahasia. Steganografi berbeda dengan kriptografi.Kriptografi merupakan kebalikan dari steganografi. Kriptografi menyamarkan arti dari suatu pesan, tetapi tidak menyembunyikan bahwa ada suatu pesan. Pesan steganografi muncul dalam bentuk lain seperti gambar, artikel, daftar belanjaan, atau pesan-pesan lainnya. Pesan yang ditulis ini merupakan tulisan yang menyelubungi atau menutupi.

Steganografi termasuk ke dalam security through obsecurity. Steganografi bisa digunakan oleh teroris, intelijen, atau militer dalam menyampaikan pesan sehingga tidak diketahui orang lain.

Pengguna steganografi antara lain bertujuan utnuk menyamarkan eksistensi (keberadaan) data rahasia sehingga sulit dideteksi dan melindungi hak cipta suatu prodk. Steganografi dapat dipandang sebagai kelanjutan dari kriptografi. Jika kriptorgrafi, ata yang disandikan (chipertext) tetap tersedia, maka dengan steganografi shipertext dapat disembunyikan sehingga pihak ketiga tidak mengetahui keberadaannya. Dtaa rahsia yang disembunyikan dapat diekstraksi kembali persis sama seperti keadaan aslinya.

Pada metode steganografi cara ini sangat berguna jika digunakan pada cara steganografi komputer karena banyak format berkas digital yang dapat dijadikan media untuk menyembunyikan pesan. Format yang bisa digunakan diantaranya :
     1. Format image : bitmap (bmp), gif, pcx, jpeg, dll.
     2. Format audio : wav, voc, mp3, dll.
     3. Format lain : teks file, html, pdf, dll.

Kelebihan steganografi jika dibandingkan dengan krptografi adalah pesan-pesannya tidak menarik perhatian orang lain. Pesan-pesan berkode dalam kriptografi yang tidak disembunyikan, walaupun tidak dapat dipecahkan, akan menimbulkan kecurigaan. Seringkali, steganografi dan kriptografi digunakan secara bersamaan utnuk menjamin keamanan pesan rahasia.

Sebuah pesan steganografi (plaintext), biasnaya pertama-tama dienkripsikan dengan beberapa arti trandisional, yang menghasilkan chipertext. Kemudian, convertext dimodifikasi dalam beberpa cara sehingga chipertext, yang menghasilkan stegotext. Contohnya, ukuran huruf, ukuran spasi, jenis huruf, atau karakteristik convertext lainnya dapat dimanipulasi untuk membawa pesan tersembunyi, hanya penerima (yang harus mengetahui teknik yang digunakan) dpaat membuka pesan dan mendekripsikannya.

Contoh cara menyembunyikan file pada gambar .
1. Buat folder bernama terserah anda pada drive D / E

2.Copy paste file gambar (contoh :Steganografi1.png dan file steganografi.mp4) ke dalam folder yang dibuat sebelumnya. Buatlah fille steganografi. rar yang di dalamnya terdapat 2 buah file diatas



3. Setelah file .rar nya jadi selanjutnya masuk ke command promt

4. Setelah itu masuk ke dlam direktori folder yang akan di enkripsi

Jika berhasil maka akan ada file bernama Stega.jpg dalam folder tersebut.
Untuk membuktikan bahwa di dalam gambar tersebut ada file atau tidak cukup klik kanan pada file tersebut lalu open with WinRAR


Maka akan muncul gambar seperti di bawah ini
                                Selamat Mencoba

Share :

Facebook Twitter Google+
4 Komentar untuk "Cara Menyembunyikan File dengan Steganografi"

Wuih jadi tau sekarang caranya mainan Steganografi

Mantab gan, saya akan coba.

debetimes.blogspot.com

saya ibu irma seorang TKI DI SINGAPURA
pengen pulang ke indo tapi gak ada ongkos
sempat saya putus asah apalagi dengan keadaan susah
gaji suami itupun buat makan sedangkan hutang banyak
kebetulan saya buka-bukan internet mendapatkan
nomor MBAH SERO katanya bisa bantu orang melunasi hutang
melalui jalan TOGEL dengan keadaan susah terpaksa saya
hubungi dan minta angka bocoran SINGAPURA
angka yang kemarin di berikan 4D yaitu 6377 TGL 01-09-2016
ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat Rp.250.juta
bagi saudarah-saudara di indo mau di luar negeri
apabila punya masalah hutang sudah lama belum lunas
jangan putus asah beliau bisa membantu meringankan masalah
ini nomor hp -> (-082-370-357-999-) MBAH SERO
demikian kisah nyata dari saya tampah rekayasa
atau silahkan buktikan sendiri..

Back To Top