Pentingnya Bernegosiasi .Kita bisa lihat sehari hari bahkan kita pernah melakukan negosiasi denam teman, sesorang bahkan perusahaan, pada saat kelas minggu lalu saya sangat terkesan sekali kepada pengalaman Mr.Lucky B Pangau yang mencertakan pengalaman bernegosiasi saat beliau mengadakan lomba melukis dan mendapatkan untung 200 juta, bukan besarnya uang yang saya kagum tapi bagai mana proses mendatangkan sponsor dalam acara lomba melukis tersebut.
1. Senyum
Rekan bisnis pasti pernah memperhatikan bagaimana kita menjadi tenang ketika kita datang ke sebuah Bank, dan melihat para petugas disana dengan sangat ramah memberi kita senyum padahal sebelumnya kita tidak mengenal mereka sama sekali.Meski sebatas senyuman, namun tahukah Anda bahwa senyum, salam dan sapa sebenarnya bisa menjadi jurus jitu dalam mengawali pembicaraan atau negosiasi bisnis yang akan dilakukan. Setelah senyum pastikan Anda memperkenalkan nama dan jabatan Anda di perusahaan tersebut dengan intonasi nada yang tidak terburu-buru, tegas dan menunjukan keramahan Anda ke setiap lawan bicara Anda.
2. Pahami karakter konsumen
Menghadapi konsumen atau sponsor yang bervariasi tentu kita dituntut untuk bisa
memposisikan diri menyesuaikan dengan karakter atau watak setiap
konsumen. Ada konsumen yang memiliki ciri khas mendengar, senang protes,
pasif dan aktif. Menghadapi hal tersebut, tak jarang kita kewalahan
dalam menanggapinya.Untuk bisa bernegosiasi dengan mereka, buatlah catatan kecil ketika
sudah menghadapi konsumen dengan ciri khas yang saya jelaskan tadi.
Misal buat 2 table, ketika menghadapi konsumen pasif, maka kita selaku
pengusaha kita yang harus aktif dan ketika kita menghadapi konsumen yang
suka mengkritik sebaiknya terima masukan konsumen dan bila memang
dirasa masukannya tepat segera lakukan evaluasi.
3. Jadilah pendengar
Pendengar ketika konsumen menceritakan tentang kurang puasnya mereka ketika memesan atau membeli produk di tempat kita ataupun di toko lainnya. Dengan kita mendengar, konsumen akan merasa dihargai dan kita bisa mengetahui tentang apa yang konsumen inginkan.
4. Percayalah Dengan Visi Kita
Terutama bagi kita yang masih merintis sebuah startup, kita tidak akan bisa berjalan jauh tanpa percaya dengan visi utama perusahaan kita. Secara singkat, kita harus bisa meyakinkan setiap orang yang bertemu dengan kita mengenai betapa penting perusahaan kita di masa depan
5. Buat konsumen menjadi loyal
Membuat konsumen loyal kepada kita memang susah susah gampang, dalam artian konsumen memang akan loyal ketika sudah menggunakan produk kita dan sulit berpaling kelain hati. Tips saya, saat negosiasi bisnis merupakan kesempatan kita untuk membuat konsumen menjadi loyal kepada kita.Membuat orang menyukai kita sudah sangat penting dalam dunia bisnis, tentu dibutuhkan skill khusus dalam menjalankannya. Buatlah konsumen nyaman, buatlah konsumen mau tahu dan ikut membantu “share” tentang info bisnis kita serta produk kita ke khalayak ramai. Dengan cara tersebut, selain kita memenangkan negosiasi bisnis, kita juga mendapatkan konsumen yang loyal kepada kita.
Itulah sedikit tips bagai mana cara bernegosiasi yang baik
0 Komentar untuk "Pentingnya Bernegosiasi "