Tips Blog, Tips and Trik, Software, Belajar Program

Use Case Diagram: Pengertian, Komponen dan Contoh

Use Case Diagram sering di artikan sebagai Alat komunikasi tingkat tinggi untuk mewakili persyaratan sistem. Diagram menunjukkan interaksi antara pengguna dan entitas eksternal lainnya dengan sistem yang sedang dikembangkan.

Sebuah use case merupakan unit fungsi yang dapat berinteraksi dengan aktor atau terkait dengan use case lainnya. Penggunaannya diwakili dengan sebuah elips dengan nama use case didalamnya. Nama use case
biasanya berupa suatu kata kerja

Use Case Diagram: Pengertian, Komponen dan Contoh

Aktor mewakili entitas eksternal dalam sistem dan dapat berupa manusia, perangkat keras atau sistem lain. Aktor diambil menggunakan sebuah figure tongkat. Hubungan yang terjadi antar aktor biasanya adalah generalisasi untuk menunjukkan perilaku terhadap sistem yang lebih spesifik

Ditunjukkan dalam diagram use case oleh garis padat. Sebuah asosiasi setiap kali ada seorang aktor yang terlibat dengan interaksi yang dijelaskan oleh use case. Asosiasi dimodelkan sebagai garis yang menghubungkan use case dan aktor untuk satu sama lain, dengan mata panah yang bersifat opsional pada salah satu ujung baris. panah ini sering digunakan untuk menunjukkan arah seruan awal hubungan atau untuk menunjukkan aktor utama dalam use case.



Pengertian Use Case Diagram Secara Singkat Padat Dan Jelas

Use Case diagram bisa di artikan sebagai sebuah model diagram UML atau istilah lainnya Unified Modeling Language yang bisa diterapkan atau dipakai dalam menggambarkan hubungan sebuah sistem dengan penggunanaya.

Use case diagram dipakai untuk memodelkan semua urusan ekonomi proses berdasarkan perspektif pemakai sistem. Use case diagram terdiri atas diagram untuk use case serta actor. Actor merepresentasikan orang yang akan mengoperasikan alias orang yang berinteraksi dengan sistem aplikasi

Komponen Use Case Diagram
 
1. Actor
 
Actor merupakan hal terpenting dari  Use Case Diagram, akan tetapi actor bukanlah bagian dari use case diagram, namun untuk dapat terciptanya suatu use case diagram diperlukan beberapa actor. Itulah pengertian Actor pada komponen Use Case Diagram secara singkat .


Actor Pada Use Case Diagram

2. Use Case

Use case merupakan sebuah gambaran fungsionalitas dari suatu sistem, sehingga pengguna sistem tersebut paham secara jelas mengenai kegunaan sistem atau aplikasi yang akan dibangun. Itulah pengertian  Use Case pada komponen Use Case Diagram secara singkat.

Use Case Diagram: Pengertian, Komponen dan Contoh
3. Relasi 

Relasi merupakan sebuah komponen use case diagram yang berguna untuk menghubungkan antara Actor dan Use Case. Itulah pengertian Relasi pada komponen Use Case Diagram secara singkat .

 Contoh Gambar Use Case Diagram Pada Kasus 
"WEBSITE PENJUALAN OLEH – OLEH ONLINE"

Use Case Contoh, Contoh gambar Use Case Diagram
Itulah penjelasan tentang Use Case Diagram: Pengertian, Komponen dan Contoh Gambarnya.

Share :

Facebook Twitter Google+
3 Komentar untuk "Use Case Diagram: Pengertian, Komponen dan Contoh"

Terimakasih mengingatkan ku dimasa belajar pemmprograman dulu.

Thanks so much for the information on this site. Very clear, to the point and helpful. May the Lord reward by always providing health, longevity and good fortune and all his affairs.

Back To Top